10 Website Tempat Jual Poto Terbaik dan Paling Mahal

Tempat Jual Poto

Apakah sobat sedang mencari tempat terbaik untuk menjual poto secara online? Mungkin sobat bertanya-tanya tentang situs jual poto yang terbaik untuk menjual stock poto.

Pada dasarnya dari semua tingkat keahlian fotografer menpunyai permintaan yang cukup tinggi terhadap keahlian mereka, ada banyak sekali cara untuk sobat yang mempunyai hobi dan keahlian dibidang fotografer untuk menjual hasil karya sobat tersebut dengan begitu mudah untuk sobat mendapatkan penghasilan secara online.

Namun, dengan banyak pasar online dan situs web yang mengklaim sebagai tempat terbaik untuk menjual stok poto ataupun video, mungkin sulit untuk mengetahui harus mulai dari mana. untuk membantu sobat, kami telah menyusun daftar cara terbaik untuk menjual poto secara online sehingga sobat dapat menghasilkan uang dengan nmelakukan apa yang sobat sukai.

Berapa banyak uang yang dapat sobat hasilkan dengan menjual poto secara online dengan menjual poto secara online?

Jumlah uang yang dapat sobat hasilkan dengan menjual poto secara online sangatlah bervariasi dan tergantung pada beberapa faktor. pertama, kualitas dan keunikan poto sobat memainkan peran penting. gambar yang luar biasa dan banyak diminati tentu cenderung menarik lebih banyak pembeli. dan. platform yang sobat pilih penting-beberapa pasar mengenakan hharga lebih tinggi atau menawarkan komisi yang lebih baik. 

Konsistensi dan kualitas juga dapat berkontribusi terhadap pendapatan. menggungah berbagai poto menarik secara teratur dapat meningkatkan peluang sobat menghasilkan penjualan. membangun portfolio yang kuat dan berinteraksi dengan audiens sobat, tentu ini dapat menghasilkan pelanggan tetap dan promosi dari mulut ke mulut positif, sehingga dapat mengoptimalkan juga meningkatkan pendapatan sobat.

Pada akhirnya sukses menjual gambar secara online membutuhkan dedikasi serta pemahaman tentang audiens dan tren pasar sobat. meskipun beberapa forografer memperoleh penghasilan tambahan sederhana dengan mengggunakan situs web stok fotografi, yang lain mengubah penjualan foto online menjadi bisnis eCommerce yang cukup menguntungkan.

Jenis Poto Apa Yang Paling Banyak Terjual?

Perushaan besar, toko-toko kecil, Desainer Grafis. pemasar, dan banyak lagi membeli fotografi khusus atau stok untuk penggunaan online. Blogger dan pemilik situs web yang menjalankan usaha kecil hingga menengah merupakan basis pembelian terbesar untuk stok gambar. berikut ini beberapa jenis foto yang paling banyak di beli:

  • Poto Orang: Gambar orang-orang dari segala usia sangat populer. saat ini, poto-poto yang menampilkan orang-orang dari berbagai negara dan budaya, warga lanjut usia yang aktif, dan model yang memiliki ketidaksempurnaaan dan lebih mirip orang biasa sangat laris.

  • Poto Orang yang Sedang Bekerja: Gambar-gambar ini sangat populer dikalangan bisnis, orang-orang yang bekerja menggunakan laptop, menulis, berbicara di rapat, dll hanya saja, jangan membuatnya terlalu umum sehingga menjadi meme.

  • Poto Makanan: Bebagai jenis Fotografi makanan, tahapan memasak, bahkan piring kosong yang belum di cuci.

  • Poto DIY & Peralatan: Poto karya seni DIY, kerajinan tangan, dan proyek rumah sangatlah populer serta gambar peralatan seperti roda gigi, palu, mur, baut dan sekrup, yang dapat menyampaikan banyak hal kepada calon pembeli.

  • Poto Kota: Pemandangan kota, bangunan orang-orang yang berpergian dan poto yang menunjukkan pergerakan dan lampu kota saangat populer.

Baca Juga: 10 Web Freelance Online Terbaik & Terpercaya Untuk Mahasiswa

Tempat Jual Poto Terbaik dan Paling Mahal

10 situs web penjualan poto teratas, yang bisa sobat gunakan untuk menjual poto sebagai berikut:

1. Stock Adobe


Adobe Stock adalah situs stock poto dari pembuat software pengedit poto terpopuler, termasuk Photoshop dan lightroom. Platform eCommerce potografi ini telah ada selama hampir 20 tahun. ini dikenal sebagai salah satu pasar penjualan poto online pertama dan masih dianggap sebagai salah satu situs web stok poto terbaik untuk menjual gambar.

Adobe Stock terintegrasi dengan Adobe Cloud Platform, yang membuatnya sangat populer dikalangan potografer karena sobat dapat menggugah album lansung dari lightroom. Apalagi Adobe memiliki banyak produk yang banyak digunakan selurruh dunia, artinya gambar yang sobat unggah berpotensi untuk dilihat oleh kalayak yang cukup besar.

Lihat lebih banyak fitur yang menjadikan Adobe Stock salah satu cara terbaik menghasilkan uang dengan menjual poto:

  • Mendukung berbagai macam aset termasuk gambar, grafik vektor, ilustrasi dan video stok.
  • Tidak memerlukan hak ekslusif atas gambar sobat, sehingga sobat dapat menjualnya di platform lain secara bersamaan.
  • Menawarkan akses gratis ke Adobe Portfolio untuk kontributor, yang memungkinkan sobat membangun portfolio dan memamerkan karya terbaik sobat.

Secara keseluruhan, Adobe Stock adalah pilihan tepat untuk menjual poto sobat secara online. Mudah digunakan, gratis untuk mendaftar, menawarkan integrasi alur kerja yang hebat, dan memberikan jangkauan luas jutaan pembeli.

Harga / Pembayaran

Pendaftaran gratis. Kontribusi menerima royalti sebesar 33% atas gambar.

2. Shutterstock


Mirip dengan Adobe Stock, Shuttertock telah menjadi situs web populer untuk menjual poto sejak platform jenis ini ditemukan. mereka memiliki lebih dari 600 juta gambar, video daan trek musik sekitar 200 juta kontributor. itu berati mereka juga memiliki jutaan pelanggan pembelian.

Mndaftar ke shutterstock gratis, dan setelah sobat menjadi kontributor di shutterstock, sobat sudah mulai bisa menghasilkan uang setiap kali ada orang yang beli dan mengunduh gambar sobat. Berikut adalah beberapa fitur yang menjadikannya tempat yang cukup bagus untuk sobat menjual gambar stock:

  • Mendukung berbagai jenis macam file termasuk gambar, vektor, ilustrasi dan video
  • Tidak memerlukan hak penjualan eksklusif atas gamabr sobat, sehingga sobat dapat menjual di platform lain secara bersamaan.
  • Sobat bisa mendapatkaan uang tambahan dengan merujuk fotografer lain ke shutterstock.
  • Menyediakan halaman portfolio yang di personalisasi dan kemampuan untuk melacak pendapatan.

Suatu hal yang perlu diperhatikan tentang shutterstock yaitu pesainganya sangat ketat. sebagai salah satu situs stock poto dan video terbesar di internet, pembeli memiliki jutaan gambar untuk dipilih, termasuk gambar bebas royalti. meski begitu, Sobat masih bisa menjual poto di Shutterstock dan menghasilkan banyak uang dalam jangka panjang jika sobat fokus mengunggah banyak gambar.

Harga / Pembayaran

Pendaftaran gratis dan 6 tingkat penghasilan terpisah, mulai dari 15% hingga 40% dari harga pembelian. semakin banyak unduhan yaang sobat dapatkan, semakin banyak uang yang bisa sobat peroleh.

3. Alamy


Alamy adalaah situs fotografi inggris yang merupakan situs web bagus lainya untuk menjual poto. dimana di platform ini mereka menawarkan pendaftaran yang cepat dan mudah, aplikasi iPhone (Stokimo) untuk mengambil dan menggugah poto saat berpergian, dan penghasilan kompetitif lebih dari $1 juta dibayarkan kepada kontributor setiap bulan.

Alamy menangani semua perizinan rumit yang timbul dari penjualan online dan memberikan kontrak lansung kepada fotografer. platform ini tidak mengeddit kiriman, sehingga sobat dapat yakin bahwa sobat memiliki kendali penuh atas pekerjaan sobat.

Mendaftar ke Alamy tidak dipungut biaya, dan ini bisa menjadi pilihan ysng cukup bagus bagi sobat, karena komisi yang ditawarkan oleh platform ini cukuplah bagus yaitu komisinya sampai 100% selama 2 tahun terhitung semenjak sobat bergabung menjadi kontributor! Berikut beberapa fitur yang menjadikannya salah satu situs web terbaik untuk menjual poto secara online:

  • Mendukung berbagai aset termasuk gambar, vektor, ilustrasi dan video.
  • Alat analalisis untuk melacak penjualan dan membantu sobat memilih jenis poto yang paling laris.
  • Tidak memerlukan hak penjualan ekslusif atas gambar sobat, sehingga sobat dapat menjual di paltform lain secara bersamaan.

Meskipun situs penjualan poto ini mungkin tidak memiliki pembeli sebanyak Shutterstock atau Adobe Stock, situs ini tetap menjadi pesaing besar untuk mendapaatkan penghasilaan tambahan. ini juga merupakan pilihan yang sangat baik bagi pelajar karena tingkat komisi 100% selama 2 tahun.

Harga / Pembayaran

Pendaftaran gratis dan tigaa tingkat komisi. sebagian besar kontributor menerima 40% yang mengharuskan sobat memenuhi ambang batas penjualan kotor sebesar $250 atau lebih setiaap tahun. kontributor yang memperoleh penjualan kotor lebih dari $25k mendapatkan komisi 50%.

4. Etsy


Etsy terkenal sebagai pasar untuk membeli dan menjual barang-barang buatan tangan, produk custom, pakaian vintage, dan masih banyak lagi, jadi, sobat mungkin akan terkejut melihatnya di daftar situs web penjualan poto teratas kami. Namun, Etsy memiliki jutaan penggguna setiap bulan dan banyak fotografer menggunakannya untuk menjual karya mereka.

Hal hebat tentang etsy adalah mereka memiliki audiens yang lebih besar daripada kebanyakan situs stok fotografi dan demografi spesifik yang dapat sobat penuhi. Penjual sering kali menghasilkan uang dari gambar yang menargetkan wanita mudaa yang licik.

Kelebihan besar lainya adalah Etsy beroperasi sebagai toko eCommerce sobat sendiri. Tentu saja soabt bisa menjual gambar digital, tetapi sobat juga bisa menjual cetakan atau barang lain yang menampilkan fotografi sobat seperti mug atau selimut untuk mengembangkan bisnis fotografi sobat! Lihat keuntungan menghasilkan uang dengan menjual poto di Etsy:

  • Sobat dapat memberi harga opada poto dan produk sobat sendiri, yang memberikan potensi penghasilan tinggi.
  • Kontrol penuh atas cara Sobat menampilkan poto sobat kepada pembeli.
  • Menawarkan program iklan Luar  situs dimana platform akan secara otomatis mengiklankan produk sobat di seluruh web ( biaya penjualan 15% untuk layanan ini). 
Ingat saja , jika sobat menjual cetakan atau barang lainya, sobat harus menangani produksi dan memperhitungkan biaya percetakan, pengepakan dan pengiriman. Jika sobat ingin membuat toko untuk menjual fotografi sobat tetapi tidak ingin membuat situs sendiri, Etsy bisa menjadi pilihan yang tepat.

Harga / Pembayaran

Sobat dapat mendaftar secara gratis atau membayar biaya bulanan sebesar $10 untuk mendapatkan fasilitas lebih lanjut, Etsy membebankan biaya pendaftaran (40 yang pertama gratis, Kemudian masing-masing $0,20) biaya transaksi (6,5% dari harga jual), dan biaya pemrosesan jika sobat memilih untuk menerima pembayaran melalui platform (3% + $0,25).

5. SmugMug



SmugMug adalah platform penyimpanan poto terkenal yang memungkinkan sobat melindungi, menyimpan dan berbagi poto digital. Namun, ia juga menawarkan  platform penjualan tempat Sobat dapat menjual cetakan poto dan unduhan digital. mereka mengklaim proses setup hanya membutuhkan waktu 15 menit!

Salah satu hal keren dari SmugMug adalah mereka bermitra dengan berbagai laboratorium percetakan, sehingga sobar dapat menjual cetakan atau produk tradisional. Gambar dapat dicetak pada apa saja temasuk logam, kaca, dan kenang-kenangan. lihat lebih banyak fitur SmugMug:

  • Galeri pribadi dan alat yang ramah klien untuk pemeriksaan.
  • Daftar harga khusus.
  • Penyimpanan poto tanpa batas termasuk mengelolaa file RAW.
  • Template situs web dan situs acara pribadi yaang dibuat sebelumnya.
SmugMug adalah pilihan lain yang memiliki reputasi baik bagi para fotografer, dan sangat cocok bagi pengguna yang ingin memberikan cetakan produk yang lebih luas tanpa harus menangani sendiri semua detail pembuatanya. ini juga berguna bagi fotografer yang membutuhkan solusi penyimpanan yang kuat.     

Harga / Pembayaran

Untuk mengakses fitur penjualan, paket mulai dari $28 per bulan dan kontributor mendapatkan keuntungan mereka.


500px adalah sebuah situs fotografi yang ditargetkan untuk para profesional. dibutuhkan pendekatan yang berbeda dari kebanyakan agen saham pada umunya. 500px adalah platform komunitas yang memungkinkan sobat untuk menghosting dan berbagi poto, terhubung dengan pembuat konten lain, memberikan dan menerima masukan, serta membuat portfolio untuk menjual poto secara online dan mendapatkan uang.

Hal utama yang membedakan 500px dalam menjual poto yaitu struktur pembayaranya. kontributor membayar biaya berlangganan bulanan untuk mengakses fitur platform dan menjual poto. selama sobat berlangganan berbayar, sobat akan menerima komisi 100% untuk setiap penjualan, sedangkan yang paket gratis sobat menerima komisi 60%.

Ada beberapa fitur yang menjadikan 500px salah satu tempat terbaik untuk menjual poto secara online:

  • Fitur analitik memberikan sobat wawasan tentang dari mana tampilan poto sobat berasal, gambar mana yang paling populer, hingga bagaimana peforma gambar sobat di bandingkan dengan gembar kontributor lain.
  • Tambahkan profil, portfolio dan resume sibat ke direktoryi yang tersedia untuk di sewa dan temukan klien potensial.
  • Algoritme pulsa, yang berfungsi untuk meningkatkan keterpaparan sobat dengan menambahkan unggahan baru sobat ke halaman pertemuan.
  • Tantangan poto mingguan berhadiah, disebut Quets.

500px memberi penekanan besar pada kiriman berkualitas tinggi, mereka meninjau setiap poto dan mempertimbangkan hal-hal seperti keunikan, kulaitas teknis, estetika keseluruhan, nilai produksi dan kelayakan komersial sebelum menyetujui gambar soabt dan menyediakanya untuk dibeli.

Jika sobat seorang potografer profesional dengan tingkat keahlian tinggi, ini bisa menjadi cara yang cukup bagus untuk membuat karya sobat terlihat dan memastikan sobat tidak bersaing dengaan gambar berkualitas rendah di pasar yang sudah jenuh. Plus, Sobat akan mendapatkan komisi 100% dan terhubung dengan komunitas ptografi. Namun, ini bukan pilihan yang ramah bagi pemula.

Harga / Pembayaran

500px ini menawarkan  3 paket keanggotaan mulai dari gratis hingga $9,99 per bulan. Paket berbayar termasuk unggahan poto tanpa batas dan komisi 100%.

Snapped4u membuat penjualan poto dan potret acara sobat menjadi mudah. jika sobat memotret pernikahan, pesta, pertunangan, atau acara lainnya, dimana Snapped4u dirancang khusus untuk membuat hidup sobat lebih mudah.

Setelah memotret acara atau sesi potret, sobat dapat membuat galeri baru, menguggah gambar dalam format JPEG, dan  menetapkan harga poto . setelah itu, klien dapat membeli poto tersebut di Snapped4u. setelah itu pihak Snapped4u akan mengirimkan file tersebut melalui email.

Setiap penjual Snapped4u memiliki halaman galerinya sendiri, sehingga pelanggan yang memesan kepada sobat untuk beberapa acara selalu dapat menemukan gambar sobat di tempat yang sama. dan, sobat dapat memberikan URL hasil personalisasi sobat kepada siap pun yang mungkin ingin membeli poto sobat, seperti tamu acara lainnya.

Simak detail penjualan poto acara online dengan snapped4u:
  • Tetapkan hargaa sobaat sendiri dengan harga poto maksimal $20.
  • Dapatkan bayaran untuk semua poto yang di beli pada tanggal 1 setiap bulan di akun paypal sobat.
    • Galeri diposting selama 4 bulan, tetapi dapat di perbaharui setelah habis masa berlakunya.
Perlu diingat, snapped4u tidak dirancang untuk potografi stock. ini hanya untuk potografer dan potret. tentu ini memberikan cara yang cukup sederhana dan mudah bagi potografer untuk menjual gambar yang mereka ambil kepada orang yang di poto.

8. PhotoShelter


PhotoShelter adalaah sistem manajemen aaset digital yang menawarkan layanan untuk merek dan organisasi serta potografer. untuk potografer, platform ini membantu pembuatan portfolio, pengorganisasian galeri, pemeriksa klien, dan penjualan unduhan atau cetakan digital.

PhotoShelter memungkinkan sobat membuat situs web portfolio dengan cepat, membuat galeri, menambahkan fungsionalitas eCommerce, dan mengirimkan pesanan pembelian ke pelanggan dengan mudah. berikut beberapa fitur unggulan yang menjadikanya pilihan yang tepat untuk situs web potografi:
  • Template siap pakai untuk membangun situs potografi sobat.
  • Fitur eCommerce bawaan kemitraan dengan laboratorium cetak profesional.
  • Galeri pribadi dan pemeriksaan klien.
  • Aplikasi selular untuk mengunggah, memberi harga, dan melihat arsip poto sobat saat berpergian.
PhotoShelter adalah pilihan bagus jika sobat mencari cara mudah dan praktis untuk membuat situs potografi. layanan ini mudah digunakan dan menyediakan banyak fitur untuk mengelola dan menjual poto secara online.

Harga/pembayaran: 3 paket berlangganan ditawarkan, mulai dari $10,00 per bulan. Sobat juga akan membayar biaya transaksi 8%-10% untuk setiap penjualan poto.

9. Fotomoto


Tidak seperti kebanyakan situs web, Fotomoto bukanlah pasar untuk menjual gambar secara online. sebaliknya, platform ini merupakan widget atau aplikasi yang terintegrasi dengan situs web sobat dan membantu sobat untuk menjual poto digital dan menawarkan layanan print-on-demand.

Setelah sobat membuat akun Fotomoto dan menambahkan widget belanja ke situs sobat, pengunjung akan dapat membeli gambar tersebut. jika sobat menjual cetakan fisik atau kanvas, sobat dapat memenuhi pesanan sendiri atau membiarkan fotomoto mengelolanya, pengemasan dan pengiriman.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan Fotomoto untuk menjual poto:

  • Terintegrasi dengan berbagai platform termasuk wordpress, joomla, Flickr dan Squarespace.
  • Widgetnya sendiri daopat disesuaikan, sobat dapat menyesuaikan pengaturan widget untuk menampilkan merek dan logo sobat sendiri.
  • Dashboard atau halaman yang mudah digunakan untuk penyesuaian dan pelacakan.

Jika sobat seorang baik itu Potografer profesional, atau desainer grafis, Fotomoto memiliki beberapa fitur hebat yang akann bekerja secara lancar dengan situs web sobat yang sudah ada. ini adalah pilihan yang cukup tepat jika sobat sedang mencari cara untuk menjual cetakan fisik secara online.

Harga/Pembayaran

Di platform ini mereka menawarkan 3 paket berlangganan mulai dari paket gratis dengan biaya transaksi 22% hingga $10 per bulan dengan biaya transaksi 10%.

10.   TourPhotos


TourPhotos adalah pusat bagi wisatawan dan potografer aktivitas di seluruh dunia. faktanya, banyak agen perjalanan dan perusahaan tur menggunakannya untuk menggugah poto perjalanan petualangan mereka untuk dibeli oleh peserta.

Sobat dapat membuat galery untuk setiap aktivitas dan menggugah gamabr ataupun video bersolusi tingi untuk di beli klien. Platform ini menggunakan toko seperti kalender. dengan begitu, pembeli dapat dengan mudah menemukan potonya dengan cara klik tanggal aktitasnya. berikut ini beberapa fitur unggulan yang bisa sobat jadikan acuan untuk memperoleh pundi-pundi dollar di TourPhotos:
  • Tetapkan harga individual atau paket massal dan hasilkan kode diskon.
  • Pencitraan merek otomatis akan menerapkan logo sobat ke setiap poto.
  • Pelanggan dapat membagikan poto yang dibeli lansung ke mdeia sosial.
Jika sobat seorang potografer aktivitas yang sering memotret tur atau acara lainya. TourPhotos adalah solusi tepat untuk memberikan poto kepada klien soabt dengan mudah. selain itu, layanan ini mencakup fitur manajemen staff di mana kolaborator dapaat mengunggah poto dan memperoleh % disetiap penjualan.

Harga/ Pembayaran

Platform ini menawarkan paket berbasis transaksi dimana TourPhotos mendapat komisi 20%-25%. atau, Bayar biaya bulanan dan gunakan layanan ini untuk memberikan poto gratis kepada klien. 

4 Tempat Jual Poto Selain Shutterstock

Platform shutterstock merupakan sebuah pasar jual poto yang cukup populer, namun tahukah sobat bahwa ada platform yang tak kalah populer layaknya shutterstock untuk mejual poto sobat dengan komisi nya yang cukup besar, berikut ini beberapa opsi situs web selain shutterstock yaitu sebagai berikut:

1. iStock Photo by Getty Images

Situs microstock non ekslusif yang membayar royalti 15%-45%

2. Dreamstime

Situs web yang memungkinkan  sobat mengatur galeri dan membayar komisi 25%-45% untuk gambar non-ekslusif

3. Fine Art America

Layanan print on demand yang menangani semua aspek pesanan. mereka fokus pada seni rupa dan membayar komisi 35%. tetapi sobat menentukan harga sendiri.

4. Stocksy

platform ini khusus dengan fokus pada poto berseni dan berkualitas tinggi. hal ini memerlukan eklusivitas penjualan dan membayar kontributor 50%-75% dari harga pembelian.


Nah, itu ringkasan seputar situs terbaik untuk menjual poto dan menghasilkan dollar, semoga paduan ini membantu sobat menemukan tempat terbaik untuk menjual poto secara online sehingga sobat dapat mulai menghasilkan uang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel