3 Cara Mencari Uang Di Fiverr

Mencari ulasan Fiverr yang jujur? Ingin menggunakan Fiverr untuk melakukan outsourcing proyek Anda tetapi tidak dapat memutuskan apakah akan memilihnya atau tidak? Anda berada di tempat yang tepat untuk menemukan informasi akurat tentang Fiverr.

Fiverr adalah salah satu pasar terbesar bagi pekerja lepas dan pembeli tempat mereka dapat menemukan dan menawarkan ribuan layanan.  Baik Anda menjalankan blog pribadi , situs portofolio, toko eCommerce, atau agensi, Anda dapat menggunakan Fiverr untuk menemukan banyak pekerja lepas dengan harga terjangkau.


Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang:
  1. Apa itu Fiverr dan bagaimana cara kerjanya?
  2. Apakah Fiverr aman atau scam?
  3. 5 tips luar biasa bagi pembeli untuk menghindari penipu di Fiverr
  4. Pro dan kontra menggunakan Fiverr.
  5. 3 alternatif yang lebih baik untuk Fiverr dan banyak lagi.
Jadi, apakah Anda siap untuk menemukan detailnya? Mari kita mulai.

Ulasan Fiverr 2024: Bagaimana Cara Kerjanya? Sah atau Scam?

Apa itu Fiverr?

Fiverr adalah salah satu platform pemasaran freelance terpopuler tempat Anda dapat menemukan ribuan layanan.  Layanan di Fiverr berkisar dari grafis & desain hingga pengeditan video, SEO, pengembangan eCommerce, keamanan siber, riset pemasaran, dan banyak lagi.

Lebih dari 11.000.000 bisnis menggunakan Fiverr untuk menemukan ribuan pekerja lepas yang terjangkau di seluruh dunia. 

Sejarah Singkat Fiverr

Fiverr didirikan pada tahun 2010 oleh Micha Kaufman dan Shai Wininger dan merupakan pasar online Israel untuk layanan freelance.

Berikut sejarah singkat Fiverr:
  1. Fiverr didirikan pada tahun 2010 dan mereka memulainya dengan menawarkan layanan dengan 8 kategori.
  2. Pada tahun 2011, Fiverr mencapai 100.000 pembeli .
  3. Pada tahun 2012, Fiverr mendaftarkan merek dagang “Gig” (yang merupakan peluncuran sistem pemeringkatan dan pemeringkatan kepemilikan).
  4. Pada tahun 2014, Fiverr mencapai 1 juta pembeli.
  5. Pada tahun 2018, Fiverr menjangkau 5 juta pembeli, dan lebih dari 200 kategori diluncurkan di platform mereka.

Inilah Fakta Menarik Tentang Fiverr:

Fiverr menghasilkan 55% pendapatannya dari pembeli berulang ( sumber )

Bagaimana Cara Kerja Fiverr?

Seseorang dapat menggunakan Fiverr dalam dua cara; sebagai pekerja lepas atau sebagai pembeli.

Baik pembeli maupun penjual (yang merupakan pekerja lepas yang menjual jasanya) harus membuat akun GRATIS dengan Fiverr.
  • Penjual akan membuat Gig (juga dikenal sebagai “Layanan”).
  • Pembeli akan mencari Gig atau layanan yang mereka inginkan dan membeli Gig sesuai dengan kebutuhannya.

Pembeli akan membayar uang tersebut kepada Fiverr terlebih dahulu untuk setiap Gig yang diinginkannya dan Penjual harus menyelesaikan tugas tepat waktu, mengirimkan Gig tersebut kepada pembeli dan melakukan revisi jika diperlukan.

Setelah pesanan ditandai selesai, penjual (yaitu pekerja lepas) dapat menarik dananya setelah 14 hari. Jika Anda adalah penjual peringkat teratas, maka durasi waktu untuk menarik dana Anda adalah 7 hari.

Berikut ilustrasi sederhana cara kerja Fiverr, Meskipun demikian, berikut adalah beberapa istilah penting di Fiverr yang perlu Anda ketahui:
  • Gig (A Gig adalah layanan yang ditawarkan di Fiverr. Misalnya, Gig dapat berupa “Saya akan membuat rencana SEO untuk situs web Anda seharga $50”).
  • Penjual (Penjual adalah seseorang yang menawarkan Gigs di Fiverr).
  • Pembeli (Pembeli adalah orang yang membeli Gigs di Fiverr).
  • Pesan (Saat pembeli membeli Gig).

Apakah Fiverr Sah?

Fiverr jelas merupakan platform sah tempat Anda dapat menemukan ribuan pekerja lepas untuk melakukan outsourcing pekerjaan Anda. 

Faktanya, Fiverr adalah salah satu pasar freelance teratas untuk pembeli dan penjual. Namun, Anda mungkin tertipu di Fiverr jika Anda tidak mengetahui “tanda bahaya” yang harus dicari sebelum bertransaksi.

Tapi… bukan berarti Fiverr itu sendiri adalah scam, ada beberapa penjual yang melakukannya. Jangan khawatir, kami akan membahas bagaimana Anda dapat menggunakan layanan Fiverr dengan aman tanpa tertipu.

Fiverr diluncurkan pada tahun 2010 dan saat ini menghasilkan pendapatan tahunan sebesar $189,51 juta. Tahukah Anda bahwa Fiverr memiliki 3,42 juta pembeli aktif ? Itu benar.

Jadi ya, Fiverr adalah platform SAH tempat Anda akan menemukan jutaan pembeli, penjual, dan pertunjukan untuk melakukan outsourcing pekerjaan Anda, menghasilkan uang di platform mereka, dan menghemat waktu.

Baca Juga: 

3 Tips Fiverr Terbaik yang Tidak Masuk Akal untuk Pembeli: Tips Menghindari Penipu di Fiverr

Berikut adalah 3 tip Fiverr yang luar biasa agar pembeli terhindar dari penipuan di Fiverr.

    1. Periksa Contoh Pekerjaan Freelancer

Aturan praktis #1 yang perlu diingat saat membeli pertunjukan apa pun dari Fiverr adalah memeriksa sampel pekerjaan pekerja lepas. Untungnya, Anda dapat menggunakan pencarian dan filter samping Fiverr untuk menemukan pekerja lepas yang tepat untuk proyek Anda. 

Setelah Anda menemukan layanan yang ingin Anda pesan, Anda dapat menggunakan filter. Berikut tampilannya:

Seperti yang Anda lihat di atas, Anda dapat menerapkan berbagai filter di bawah Detail Penjual untuk menemukan pekerja lepas yang TEPAT untuk proyek Anda. Anda dapat memfilter opsi dengan berbagai cara termasuk:
  • Penjual peringkat teratas (jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan BERKUALITAS) atau penjual baru (jika Anda ingin pertunjukan lebih murah).
  • Bahasa Mereka.
  • Negara tempat tinggal mereka dan banyak lagi.
Setelah Anda menemukan freelancer yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan Anda, Anda dapat menghubungi mereka dan meminta sampelnya. Beberapa pekerja lepas menunjukkan contoh pekerjaan mereka dalam deskripsi pekerjaan mereka sementara sebagian besar lainnya tidak.

Jadi setelah memeriksa sampel karya mereka, Anda dapat dengan mudah memutuskan apakah akan membeli pertunjukan tersebut atau tidak. 

Anda juga dapat menghubungi pekerja lepas jika ada pertanyaan untuk memastikan mereka memenuhi harapan proyek Anda.

Meskipun demikian, sebagai pembeli, jika Anda terlalu sibuk untuk menelusuri pertunjukan (atau layanan) pilihan Anda di Fiverr, Anda dapat memposting proyek yang menanyakan apa yang perlu Anda selesaikan. 

Anda juga dapat menetapkan perkiraan waktu penyelesaian proyek, anggaran, dan Anda akan menerima penawaran khusus ke kotak masuk akun Fiverr Anda. Setelah Anda memberikan sebuah proyek dan membayar untuk sebuah pertunjukan, jika Anda tidak puas dengan hasil proyek tersebut, Anda selalu dapat meminta revisi kepada penjual.

    2. Simak Ulasannya 

Selalu pastikan untuk memeriksa masukan dan ulasan dari pembeli seperti Anda. Apa yang orang lain katakan tentang pekerjaan freelancer. 

Anda dapat bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut untuk menentukan kualitas pertunjukan di Fiverr dengan mudah.
  • Apakah rating mereka asli atau palsu?.
  • Apakah pekerja lepas yang menawarkan pekerjaan menyelesaikan proyek tepat waktu?.
  • Apakah sampel yang diberikan oleh pekerja lepas sebanding dengan harga yang Anda bayar?.
Terakhir, pastikan untuk memeriksa ulasan negatif dan membaca dengan cermat apa yang dikatakan pengulas negatif tentang pekerja lepas.

Anda juga dapat memeriksa rating penjual dan membaca review dari profil penjual. Berikut tampilannya:

3. Ketahui Cara Membatalkan Pesanan di Fiverr

Terakhir, Anda harus tahu cara membatalkan pesanan & meminta pengembalian dana di Fiverr jika Anda ingin mendapatkan pengalaman hebat di platform mereka sebagai pembeli.  Berikut cara membatalkan pesanan Anda di Fiverr:
  1. Buka halaman Pesanan Anda > Klik pesanan yang ingin Anda batalkan.
Lihat kotak biru kecil di kanan atas yang berada di bawah "Rincian Pesanan". Berikut tampilannya:m= Sekarang, cukup klik tautan “Pusat Resolusi” > Minta Penjual Untuk Membatalkan Pesanan Ini  

Lalu, pilih alasan dari daftar dan lanjutkan. Itu saja, Anda sudah selesai. 

Penjual Anda memiliki waktu 48 jam untuk menerima atau menolak permintaan tersebut.

Jika penjual Anda gagal menerima atau menolak permintaan, pesanan Fiverr Anda akan dibatalkan secara otomatis setelah 48 jam. Anda dapat mengunjungi halaman Pesanan untuk melihat sengketa terbuka Anda. Di halaman yang sama, Anda juga memiliki opsi untuk menarik dana Anda.

Berapa Persentase Yang Diambil Fiverr Dari Penjual?

Jadi berapa banyak yang diambil Fiverr? Berapa persentase yang diambil Fiverr dari penjualnya? Mari kita cari tahu. Hal pertama yang pertama: sebagai penjual, GRATIS untuk membuat akun penjual baru di Fiverr.

Tapi Fiverr mengambil potongan 20% dari semua pesanan.  Artinya sebagai penjual di Fiverr, 20% uang yang Anda hasilkan langsung masuk ke Fiverr sebagai komisi. Ini adalah biaya yang harus Anda bayar untuk menggunakan platform mereka.

Dengan kata sederhana, Fiverr membebankan komisi 20% dari setiap penjualan yang dilakukan penjual, baik itu proyek $5 atau pertunjukan $500.

Penjual diperbolehkan memposting sejumlah Gig aktif berdasarkan status "level" mereka.
  • Anda dapat memposting 7 Gig tanpa status Level
  • Anda dapat memposting 10 Gig jika Anda memiliki status Level 1.
  • Anda dapat memposting 20 Gig jika Anda memiliki status Level 2
  • Anda dapat memposting 30 Gig sebagai “Penjual Nilai Tertinggi”
Jadi berapa lama waktu yang dibutuhkan penjual untuk menarik dana dari pesanan? Inilah prosesnya.
  • Pertama, pembeli membayar Fiverr untuk pesanan di muka.
  • Setelah pesanan dibuat dan dimulai, Anda sebagai penjual harus menyelesaikan pesanan.
  • Setelah pesanan selesai, pembeli memiliki waktu 3 hari untuk merespons. Jika tidak ada respons yang diberikan dalam waktu respons, pesanan akan dianggap selesai.
  • Setelah pesanan ditandai selesai, Anda harus menunggu 14 hari untuk menarik dana Anda. 
Singkatnya, dibutuhkan 14 hari untuk menarik dana dari pesanan yang sudah selesai di Fiverr.

Kelebihan Fiverr

  1. Platform yang sangat terjangkau di mana Anda dapat melakukan outsourcing tugas Anda mulai dari $5 saja, sungguh luar biasa.
  2. Jika Anda seorang pekerja lepas, Anda bisa mulai menghasilkan uang dengan keterampilan yang Anda miliki dengan menawarkan layanan seperti menulis, desain, SEO, pemasaran, dll.
  3. Mudah menemukan pertunjukan untuk hampir semua jenis proyek mulai dari desain web, media sosial, hingga jaringan.
  4. Anda dapat membayar harga berdasarkan proyek, bukan harga per jam untuk proyek Anda.
  5. Fiverr dipercaya oleh perusahaan ternama seperti Facebook, Google, Netflix, PayPal, dan banyak lagi.
  6. Perlindungan pembayaran karena pembayaran Anda tidak akan dilepaskan sampai Anda menyetujui pekerjaan tersebut.
  7. Menawarkan Anda dukungan 24/7 sepanjang waktu

3 Alternatif Fiverr Terbaik untuk tahun 2024

Apakah Anda mencari alternatif Fiverr terbaik ? Berikut adalah 3 alternatif teratas selain Fiverr di mana Anda dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai anggaran tanpa mengurangi kualitas.

1. Upwork

Upwork adalah platform freelancing paling tepercaya dan dianggap sebagai salah satu alternatif terbaik untuk Fiverr.

Perbedaan UTAMA antara Fiverr dan Upwork adalah: “Tidak seperti Fiverr, di Upwork, Anda memposting pekerjaan, lalu pekerja lepas mengirimi Anda proposal pekerjaan tersebut beserta tawarannya.”

Dengan begitu, Anda dapat mempekerjakan seorang profesional yang mengirimkan tawaran TERBAIK untuk pekerjaan (atau proyek) Anda.

Kelebihan UpWork:
  • UpWork dipercaya oleh beberapa merek terbesar termasuk Microsoft, Airbnb, GoDaddy, dll
  • Tidak ada biaya sampai Anda merekrut – jadi Anda hanya akan membayar untuk pekerjaan yang Anda setujui.
  • Anda dapat menggunakan UpWork untuk membayar, mengirim dan menerima file dengan aman, memberikan umpan balik, dan melakukan pembayaran jika Anda puas dengan hasilnya.
  • Dari pengembangan seluler dan perangkat lunak hingga desain dan SEO, Anda dapat melakukan outsourcing banyak tugas dengan harga terjangkau.
  • Menawarkan dukungan 24/7 jika Anda membutuhkannya.

2. Freelancer.com 

Freelancer memberi Anda akses ke lebih dari 50 juta pekerja lepas di seluruh dunia dan mereka menawarkan lebih dari 1800 keterampilan mulai dari desain web, proofreading, pemodelan 3d, hingga eCommerce, dan banyak lagi.

Kelebihan Freelancer:
  • Gratis dan mudah untuk memposting pekerjaan di Freelancer.com.
  • Anda dapat memilih pekerja lepas dari 1800+ keterampilan.
  • Bayar pekerjaan hanya jika sudah selesai.
  • Digunakan oleh perusahaan terbesar seperti Amazon, IBM, Facebook, Google, dll.
  • Freelancer menawarkan antarmuka terbaik dan mudah untuk berkomunikasi dengan pekerja lepas (atau pembeli) menggunakan obrolan di halaman.

3. PeoplePerHour.com

PeoplePerHour adalah salah satu platform pasar pekerja lepas #1 di dunia tempat Anda dapat menemukan pekerja lepas ahli dalam beberapa menit. Di platform mereka, Anda akan menemukan lebih dari 3 juta pekerja lepas ahli yang menawarkan lebih dari 8000 layanan.

Kelebihan PeoplePerHour
  • Ini adalah platform ramah anggaran tempat Anda dapat menemukan banyak pekerja lepas berkualitas tinggi.
  • Memberi Anda akses ke antarmuka yang mudah digunakan.
  • Jika Anda seorang pekerja lepas, Anda dapat memilih tarif dan jam kerja Anda sendiri.
  • Faktur dilakukan secara otomatis.
  • Di PeoplePerHour, setiap pekerja lepas adalah profesional bersertifikat, karena semua pekerja lepas harus disetujui.
  • Jika Anda seorang pembeli, Anda dapat memposting pekerjaan di platform mereka secara gratis.
  • Sebagai pembeli, Anda dapat melihat riwayat dan peringkat pekerja lepas sebelum melakukan outsourcing proyek Anda.
  • Menawarkan Anda tim layanan pelanggan 24/7 yang berdedikasi.
  • PeoplePerHour memberikan jaminan uang kembali dan perlindungan anti-penipuan.
Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang Fiverr.

  1. Apa itu Fiverr?  Fiverr adalah pasar freelance populer tempat Anda dapat menemukan layanan mulai dari desain situs web, pengeditan video, hingga SEO dan pemasaran media sosial. 
  2. Jenis layanan apa yang dapat saya outsourcing di Fiverr? Anda dapat melakukan outsourcing layanan dari lebih dari 300 kategori di Fiverr mulai dari otomatisasi hingga SEO hingga penulisan konten, desain, dan banyak lagi.
  3. Apakah Fiverr aman bagi pembeli? Ya, Fiverr adalah pasar online lepas yang sah untuk pembeli dan penjual. Fiverr digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia termasuk perusahaan ternama seperti Facebook, Netflix, Google, dll.
  4. Berapa banyak yang diambil Fiverr dari penjual? Fiverr mengambil potongan 20% dari semua pesanan. Misalnya, jika Anda menawarkan layanan freelance, 20% dari setiap pekerjaan yang Anda selesaikan diambil oleh Fiverr.
  5. Berapa biaya Fiverr? Sebagai penjual, Anda akan mendapatkan potongan 20% dari setiap pesanan yang Anda terima dari Fiverr – ini adalah biaya yang harus Anda bayarkan untuk menggunakan platform mereka.
Nah, itu ringkasan tentang fiverr semoga bermamfaaat dan  semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel