6 Langkah Sukses Menjadi Freelance Writing

Ingin tahu cara menjadi penulis lepas untuk mengendalikan masa depan profesional sobat? Lihat panduan lengkap demi langkah kami untuk mempelajari semua tips terbaik.

Freelance writing adalah industri yang cukup populer belakangan ini, dan ini bisa menjadi cara yang cukup bagus untuk menikmati pekerjaan jarak jauh dan mengatur jadwal sobat sendiri. untuk menjadi freelance writing bisa jadi sulit dan membingungkan, terutama ketika untuk memulia pada awal awalnya.

Dengan demikian, mari kita jelajahi cara menjadi Freelance Freelance writing selangkah demi selangkah, serta penulis uraikan beberapa tips untuk menjadi freelance writing yang sukses.

Baca juga: Pekerjaan Freelance Online

Freelance Writing

Mari kita mulai dengan definisinya yaitu freelace wrtiting adalah segala jenis tugas menulis yang sobat lakukan untuk mendapatkan bayaran, diluar posisi staf, sederhananya seperti itu.

Posisi Sobat bukan karyawan yang dimana menerima tunjangan perusahaan seperti cuti sakit atau juga tunjangan liburan, juga sobat tidak diharuskan untuk hadir di kantor klien sobat dan melakukan pekerjaan disana. Sobat bekerja ditempat yang sobat pilih, dengan peralatan sendiri hingga mengatiur jam kerja sendiri.

Jenis Freelance Writing Yang Umum

  • Halaman Web (Halaman informasi atau penjualan).
  • Postingan blog.
  •  Artikel majalah (Untuk publikasi konsumen adat atau perdagangan).
  • Artikel Koran.
  • Surat penjualan surat lansung.
  • Buletin (dikirim secara fisik atau email).
  • Laporan tahunan (perusahaan atau nirlaba).
  • Rencana bisnis.
  • Perlengkapan Media.
  • Papers
  • Dan masih banyak lagi
Dunia freelance writing menawarkan berbagai macam jenis tulisan untuk memenuhi setiap selera. Sobat juga menjadi freelance writing untuk bisnis di stiap industri.

Bagaimana Memulai Sebagai Seorang Freelance Writing

Ada beberapa cara umum penulis memasuki dunia kerja leoas dan mulai membuat portfolio karya, Termasuk:
  • Menjadi sukarelawan untuk menulis untuk sebuah organisasi nirbala.
  • Menulis untuk bisnis teman.
  • Menulis untuk bisnis lokal yang sobat dukung.
  • Memamfaatkan pengalaman menulis dan koneksi dari pekerjaan harian untuk mendapatkan freelance writing.

Freelance Writing Job

Pekerjaaan freelance writing tingkat pemula dan terbaik, dimana dengan cara mempromosikan proyek tertentu untuk mendapatkan lebih banyak tanggapan dibandingkaan proyek umum. seperti contoh "Hai saya seorang penulis, Apakah sobat membutuhkan seorang penulis?"

Jadi apa yang menurut sobat bisa sobat tulis, Untuk klien pertama? Berikut adalah beberapa proyek penulisan pemula dan tingkat pemula yang dapat sobat ajukan untuk memasuki bisnis ini, Bersama dengan beberapa pemikiran tentang harga:
  • Menulis Ulang Situs Web Bisnis Kecil Lokal
  • Temukan Blog Bisnis Yang Ditinggalkan.
  • Tulis Email Bisnis
  • Buat Buletin atau Brosur.
  • Menulis Untuk Majalah Lokal.
  • Ubah Mantan Bos Sobat Menjadi Klien.
  • Menulis Untuk Agen Pemasaran Lokal.
  • Meliput Berita Untuk Surat Kabar Atau Buletin.
  • Tulis Ulasan Tentang Hal-Hal Di Sekitar Kota.

6 Langkah Sukses Menjadi Freelance Writer 

1. Pustuskan Sobat  Ingin Jadi Seperti Apa 

Tidak ada freelance writing yang dapat melakukan semuanya, jadi sobat perlu memustuskan akan menjadi penulis seperti apa sebelum memulai jalur karir ini.

Berikut adalaah beberapa contoh niche dan fokus untuk freelance writing:

  1. Penulis TeknisMemiliki keahlian teknis atau pengetahuan mendalam tentang subjek tertentu, seperti manufaktur, keuangan, pemrograman dll. Jenis penulisan ini adalah pekerjaan sampingan yang paling menguntungkan. Namun, ini juga merupakan hal tersulit bagi penulis lepas baru untuk masuk ke bisnis kecil.
  2. Penulis Kontent: membuat postingan blog untuk berbagai situs web, situs web ritel atau afliliasi. Pemasaran konten mencakup penulisan konten berkualitas tinggi. Konten tersebut mungkin mencakup postingan tamu untuk blogger dan pemilik bisnis. Ini mungkin juga mencakup konten lepas lainya, Seperti membuat postingan media sosial atau salinan email. Keterampilan yang berguna untuk diketahui adalaah cara menggunakan wordpress, Slack, Google Suite, dan sebagainya.
  3. Copywriter: Membuat konten untuk merek dengan meniru suara merek, Nada, dan aturan bahasa. Pekerjaan menulis ini bearti memberikan jasa penulisan pada blog milik brand sendiri. Tujuan tersebut biasanya berkisar pada SOE/optimasi mesin pencari.

Dari jenis freelance writing ini, Sobat dapat mengambil spesialisasi lebih lanjut, Misalnya, Sobat bisa menjadi penulis konteen ritel ssecar ekslusif, Penulis teknis keuanga, dan sebagainya. Dalam banyak kasus, Sobat harus memilih niche freelance writing berdasarkan pengalaman, Minat, atau spesialisasi sobat sebelumnya.

Pertimbangkan juga jadwal kerja sobat. Freelance writing aakan memiliki lebih banyak akses ke pekerjaaan freelance writing, Namun, Anda tetaap dapat membangun portfolio penulisan dengan contoh tulisan yang bagus untuk menarik klien potensial, bahkan sebagai freelance paruh waktu.

Ada banyak klien penulis online yang bisa di tarik. Bagaimanapun, Sobat akan membangun reputasi byline setelah mendapatkan klien pertama dan mulai mengembangkan keterampilan menulis kreatif sobat.

2. Pelajari Konvensi dan Strategi Penulisan Niche Sobat

Selanjutnya, Sobat harus mempelajari daan menguasai konvensi dan strategi penulisan niche sobat. Misalnya, Jika sobat menjadi copywriter untuk merek ritel, sobaat perlu memahami konvensi penulisan yang umum seperti:

  • Membaca paket nada atau portfolio klien sobat(terkadang disebut panduan merek). Ini akan memberi sobat informasi yang sobat perlukan untuk meniru suara klien sobat dengan tepat.
  • Menulis dalam kalimat yang ramping dan pendek tanpa banyak basa-basi. saat ini, sebagian besar pembaca online membaca sekilas konten tertulis daripada membacanya kata demi kata, jadi sobat perlu mengetahui cara membuat header dan blok konten yang menarik.
  • Sering menggunakan poin-poin (seperti ini). Untuk menyampaikan poin-poin informasi penting dengan cepat dan ringkas.

Banyak dari keterampilan ini dapat dipelajari dan di praktikkan saat sobat mengasah keterampilan menulis juga disaat yang sama sobat bisa sekaligus  menentukan niche atau fokus utama freelance writing sobat. Selain belajar juga dengan mengejar semua peluang menulis dan membangun portfolio. diluar sana banyak penulis baik yang mempunyai pengalaman positif dengan kursus menulis yang dirancang untuk membangun keterampilan menulis profesional untuk berbagai jenis konten.

3. Bangun Portfolio dan Bergabunglah Dengan Situs Pekerjaan Freelance

Tidak ada seorang pun yang mau mempekerjakan sobat sebagai freelance writing tanpa melihat beberapa contoh karya sobat. Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, karena diawal karir sobat tidak akan memiliki karya apapun untuk sobat pamerkaan. Namun, Sobat harus membuat portfolio contoh atau postingan blog percobaan, Salinan, dan lainya. Bahkan jika sobat membuat konten ini dari awal, ini dapat menjadi contoh bagus tentang pekerjaan yang dapat menjadi contoh yang cukup bagus terhadap pekerjaan yang akan sobat dapatkan dan diharapkan oleh klien dimasa yaang akan datang.

Selanjutnya setelah sobat memiliki portfolio, Pasanglah disitus web pribadi dan halaman media sosial sobat(Khususnya Profil Linkedin Sobat). Kemudian tambahkan ke situs web pekerjaan freelance seperti upwork. dan buatlah profil disemua papan pekerjaan freelance yang sobat bisa.

Di Hari-Hari awal karir menulis freelance sobat. Dimana sobat akan menejar pekerjaaan sebanyak mungkin, Karena semakin banyak tempat yang sobat miliki, Maka tempat untuk mengiklankan keahlian sobat juga semakin banyak.

4. Mulailah Mencari Pekerjaan 

Sekarang saatnya sobat untuk bekerja keras dan mulai mencari pekerjaan. Sebagai freelance writing, Bulan-bulan awal karir sobat akan diisi dengan proposal dan permintaan pekerjaan. Tentu diawal-awal belum banyak klien yang bisa sobat dapatkan, dan faktanya mungkin sobat akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk mencari klien daripada menulis.

Ini bukanlah suatu hal yang buruk. Selama waktu ini, Sobat akan belajar mulai dari cara buat proposal yaang efektif dan persuasif, kemudian pelayanan yang menggambarkan diri sobat sebagai seorang freelance writing ideal untuk kebutuhan mereka. dan tiba waktunya, sobat akan mendapatkan beberapa pekerjaan. hal ini  menunjukkkan bahwa gerbang menuju kesuksesan sedang dimulai.

5. Minta Ulasan Bagus 

Setiap kali sobat mendapatkan pekerjaan dari klien, Lakukan dengan sempurna. Kemudian, di akhir kontrak sobat dengan klien, Mintalah ulasan atau testimoni yang bagus.banyak situs web papan freelance writing yang memungkinkan sobat untuk memposting ulasan atau secara otomatis menghitung ulasan juga skor bintang berdasarkan kinerja sobat.

Semakin baik skor ulasan sobat, semakin mudah sobat mendapatkan klien baru dengan bayaran tinggi. sehingga dengan cara ini, Karir freelance writing sobat akan dimulai dengan sangat cepat.

6. Pasarkan Tulisan Sobat Secara Agresif

Saat sobat memperoleh kesuksesan awal, sobat harus memasarkan tulisan sobat secara agresif. Ada beberapa cara berbeda unntuk melakukan ini:

  • Sobat dapat membuat situs web pribdai untuk bisnis freelance writing sobat, Menampilkan sampel ulasan dan testimoni terbaik sobat.
  • Sobat dapat memamfaatkan iklan online untuk mempromosikan keahlian sobat sebagai copywriter yang berpengetahuan luas, Khususnya di industri atau niche tertentu.
  • Mamfaatkan media sosial untuk memasarkan diri sobat secara rutin dengan harapaan bisa mendapatkan pekerjaan dari platform media sosial tersebut. 

Jangan merasa bersalah jikaa mengumumkan keahlian sobat dengan cara seperti ini: dimana sobat harus bekerja keras untuk berhasil di industri ini, dan sebuah kebenaran yang berlaku bagi semua profesional lepas.

A. Kiat Latihan Untuk Sukses Freelance Writing

Sobat sekarang mengetahui dasar-dasar tentang bagaimana menjadi freelance writing, Namun bahkan dengan proses lanhgkah diatas , sobat mungkin tidak akan melihat kesuksesan awal kecuali sobat mengingat beberapa tip dan strategi utama.

B. Pilih Niche Untuk Unggul

Pertama, Mungkin yang paling sobat harus memilih niche atau spesialisasi sedini mungkin. Freelance writing yang umum tidak menghasilkan banyak uang sebanyak penulis khusus. hal ini disebabkan karena penulis khusus dapat memberikan nilai lebih mentah kepada kleinya.

Bayangkan sebuah situasi dimana perusahaan pemograman membutuhkan seorang penulis untuk membuat beberapa postingan blog mendalam untuk klien. mereka dapat mempekerjakan seorang penulis konten umu atau penulis teknis khusus yang mengetahui seluk beluk bahasa pemograman dan ilmu komputer. Pilihan terakhir selalu merupakan pilihaan yang baik untuk klien tersebut.

Untuk itu, Temukan tempat untuk unggul berdasarkan pendidikan sobaat sebelumnya, Minat sobat, dan masih banyak lagi.

C. Hargai Tulisan Sobat Dengan Benar

Banyak freelance Writing yang kesulitan mendapatkaan upah layak, Sebagian karena mereka memberi harga yang terlalu rendah pada tulisan mereka. Benar, Pada trahap awal karir sobat, mungkin akan mendapatkan satu atau dua sen per kata. Namun, Saat ssobat mendapatkan ulaasan awal pertama, Sobat harus menaikkan harga secara berlawanan menjadi lima sen per kata atau bisa lebih.

Mengapa? Jika sobat memberi harga pada tulisan sobat terlalu rendah, Klien aakan menganggap sobat tidak sepadan dengan waktu mereka. dengan memberi harga yang cukup tinggi pada tulisan sobat, hal ini menunjukkan bahwa sobat yakin dengan kemampuan sobat untuk memberiakn hasil kepada klien tersebut.

D. Selalu Mencari Klien Baru

Kehidupan seorang freelance writing melibatkan pencarian klien baru dan peluang kerja secara terus-menurus. bahkan jika sobat memiliki beberapa klien solid yang mengirimi sobat pekerjaaan secara kosnsisten, jangan berpuas diri terlebih dulu.

Selalu kembangkan kontak baru dan temukan klien profesional baru yang dapat sobat dekati untuk bekerja. Sobat tidak pernah tahu kapan pekerjaan atau proyek sobat saat ini akan terhenti, sehingga sobat sangat membutuhkan  sumber pendapatan baru.

E. Selalu Tingkatkan Keterampilan Menulis Sobat

Demikian pula, Selalu berupaya meningkatkan keterampilan menulis sobat dengan mempelajari kata-kata baru, Melatih tata bahasa, dan sebagainya. Sebagai ahli menulis terserah sobat untuk memastikan bahwa keterampilan sobat tajam dan diinginkan. jangan biarkan keterampilan menulis sobat hilang hanya karena sobat telah mencapai kesuksesan awal sebagai freelance writing.

F. Mulailah Perjalanan Sobat Sebagai Freelance Writing 

Seperti yang sobat lihat, Untuk bisa menjadi penulis lepas yang sukses dalam berbagai cara dan bidang, Namun ingatlah tips diatas, dan sobat pasti akan mendapatkan klien bergaji tinggi dan menguasai bisnis bari sobat dalam waktu singkat.

Nah, demikiaan ulasan mengenai 6 langkah suskes menjadi freelance writing dapat penulis ulas, semoga bermamfaat semoga sukses. salam penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel